Pendampingan Wirausaha Wisata Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang pada Masa Pasca Pandemi

Main Article Content

Authors

    Baghas Budi Wicaksono( 1 ) FX Pudjo Wibowo( 2 ) Sugandha( 3 ) Vivin Hanitha( 4 ) Fidell Wato( 5 ) Suhendar Janamarta( 6 ) Agustinus Yanuar Budhi Heriyanto( 7 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Percepatan perekonomian masyarakat merupakan hal yang sangat mendasar dalam pembangunan nasional. Masyarakat, akademisi, pemerintah dan pelaku usaha serta media memiliki peran penting sebagai penggerak dalam program pembangunan nasional. Dalam rangka untuk menjalankan fungsi tersebut, perlu beberapa penelitian yang secara tepat dapat memetakan potensi untuk meningkatkan program pembangunan nasional.  Kota Tangerang memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, mengingat bisnis UMKM tumbuh dan berkembang di beberapa daerah padat pemukiman, seperti Kawasan Wisata Kuliner Pasar Lama. Berdasarkan hasil pengabdian ini, terdapat beberapa masalah yang diidentifikasi di Pasar Lama Kota Tangerang. Pertama, banyak warga Pasar Lama yang sudah memiliki bisnis, namun mereka kurang terampil dalam mengelola bisnis mereka. Hal ini bisa menjadi hambatan dalam pertumbuhan bisnis dan perekonomian mereka. Kedua, masalah lain yang muncul adalah kurangnya fasilitas dan sarana perniagaan yang memadai di Pasar Lama. Ini termasuk infrastruktur yang kurang mendukung, seperti tempat berjualan yang kurang nyaman atau terbatas. Adapun hasil pengabdian pada masyarakat yakni sebagai berikut: Perkembangan bisnis UMKM di Pasar Lama menunjukkan peningkatan yang signifikan, dan salah satu UMKM di Pasar Lama, yaitu Nasi Uduk Mandiri, merasa sangat terbantu dengan adanya pendampingan dalam bidang kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wicaksono, B. B. ., Wibowo, F. P. ., Sugandha, Hanitha, V. ., Wato, F., Janamarta, S. ., & Heriyanto, A. Y. B. . (2023). Pendampingan Wirausaha Wisata Kuliner Pasar Lama Kota Tangerang pada Masa Pasca Pandemi. Abdi Dharma, 3(2), 169–178. https://doi.org/10.31253/ad.v3i2.2304
Section
Articles

Abstract views: 74 / PDF downloads: 61

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>