Aplikasi Pengenalan Suara Hewan Pada TK Pelangi Dengan Metode Forward Chaining

Authors

  • Jodi Zakharia Mahasiswa
  • Indah Fenriana Universitas Buddhi Dharma
  • Ellysha Dwiyanthi Kusuma Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Aplikasi, Pengenalan Hewan, Forward Chaining, Desktop, Multimedia

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan mengingat usia dini merupakan tahap awal dalam proses belajar. Memberikan pengajaran pada anak usia dini berbeda dengan memberikan pengajaran untuk orang dewasa, untuk itu agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini, perlu sebuah pendekatan yang berbeda. Dengan memanfaatkan penggunaan teknologi komputer multimedia maka proses belajar akan lebih menyenangkan dan menarik karena animasi, suara dan tulisan disajikan secara bersamaan. Secara umum anak usia dini sangat tertarik dan mempunyai keinginan yang besar untuk mengetahui lingkungan sekitar khusunya tentang hewan. Pengenalan nama-nama binatang untuk anak usia dini tergolong penting karena dapat membantu mereka untuk lebih mengenal dan mencintai lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi berbasis multimedia untuk pengenalan hewan di mana aplikasi dirancang dengan pengembangan perangkat lunak. Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap fungsi-fungsi yang terdapat pada aplikasi, tidak ada kesalahan yang ditemukan. Pengujian juga dilakukan untuk mengetahui kualitas aplikasi terhadap resolusi layar monitor komputer. Hasil pengujian dengan lima resolusi monitor yang berbeda menunjukkan bahwa kualitas animasi masih tetap bagus tanpa ada perbedaan yang signifikan saat program dijalankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-25

How to Cite

Zakharia, J., Fenriana, I., & Kusuma, E. D. (2020). Aplikasi Pengenalan Suara Hewan Pada TK Pelangi Dengan Metode Forward Chaining. ALGOR, 1(2), 30–36. Retrieved from https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/article/view/326

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>