Penerapan Data Mining Untuk Merekomendasikan Seri Produk NAS Kepada Calon Konsumen Toko Storage Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayes
DOI:
https://doi.org/10.31253/algor.v4i1.1498Kata Kunci:
Data Mining, Multinomial Naïve Bayes, Network Attached StorageAbstrak
Toko Storage merupakan nama dagang yang digunakan oleh PT. Distributor Trimitra Indonesia untuk menjual berbagai macam produk NAS (Network Attached Storage). Banyaknya produk NAS yang dijual dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda, terkadang membuat bingung bahkan membuat calon konsumen kesulitan dalam memilih produk NAS yang tepat. Sehingga tidak jarang dari mereka yang bertanya mengenai rekomendasi NAS kepada admin toko. Proses pemberian rekomendasi dilakukan melalui sesi tanya jawab terkait dengan kebutuhan NAS. Proses pemberian rekomendasi terkadang memakan waktu yang lama karena harus menunggu jawaban dari calon konsumen. Karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk merancang sebuah sistem yang mampu memberikan rekomendasi seri produk NAS kepada calon konsumen dengan menerapkan metode data mining dan algoritma multinomial naïve bayes (MNB). Hasil dari penerapan metode dan algoritma yang digunakan terbukti berhasil diimplementasikan pada data yang digunakan, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian dan evaluasi yang dilakukan menggunakan bantuan aplikasi Weka yang menghasilkan nilai akurasi sebesar 95,5556%. Hasil akhir dari penelitian ini berupa rancangan sistem rekomendasi seri produk NAS berbasis web yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan rekomendasi seri produk NAS secara cepat dan tepat, hanya dengan memasukan kriteria NAS yang dicari.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Fernando Verdy Sunata, Susanto Hariyanto, Dicky Surya Dwi Putra, Hartana Wijaya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the journal Algor, Universitas Buddhi Dharma as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic, and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with written permission from journal Algor.
journal Algor, the Editors, and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the journal Tech-E, Universitas Buddhi Dharma are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.