Pengaruh Thin Capitalization, Sales Growth, Capital Intensity, dan Kompensasi Manajemen Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017- 2021)

Authors

  • Michael Kristiawan Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax Avoidance, Thin Capitalization, Sales Growth, Capital Intensity, Kompensasi Manajemen

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna menganalisa dampak yang diberikan dari Thin Capitalization, Sales Growth, Capital Intensity dan Kompensasi Manajemen pada Tax Avoidance pada perusahaan manufaktur Consumer Goods yang ada di BEI tahun 2017-2021.

Secara khusus, laporan keuangan tahun 2017–2021 yang berasal dari BEI merupakan data yang dipakai untuk penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan di Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2017 sampai 2021 dan sebanyak 23 perusahaan digunakan sebagai sampel yang ditetapkan dengan metodologi purposive sampling. Sedangkan metode analisis digunakan analisis regresi linear berganda.

Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa: (1) terdapat dampak yang diberikan Thin Capitalization pada Tax Avoidance; (2) terdapat dampak yang diberikan Sales Growth pada Tax Avoidance; (3) terdapat dampak yang diberikan Capital Intensity pada Tax Avoidance; (4) terdapat dampak yang diberikan Kompensasi Manajemen pada Tax Avoidance; dan (5) terdapat dampak yang diberikan seluruh variabel bebas secara bersama-sama pada Tax Avoidance

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18