Pengaruh Capital Intensity, Company Size, Institutional Ownership dan Audit Quality terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

Authors

  • Desiana Desiana Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax Avoidance, Capital Intensity, Company Size, Institutional Ownership, Audit Quality

Abstract

Dalam enelitian ini dilakukan guna untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh capital intensity, company size, institutional ownership dan audit quality terhadap tax avoidance perusahaan manufaktur Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022.

Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2022, yang masuk dalam kriteria terdapat 21 perusahaan. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) capital intensity tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, (2) company size tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, (3) institutional ownership tidak berpengaruh terhadap company size, (4) audit quality berpengaruh terhadap tax avoidance, (5) capital intensity, company size, institutional ownership dan audit quality berpengaruh secara simultan terhadap tax avoidance

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16