IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGHASILKAN POLA PENJUALAN PADA CV TERATAI CAFÉ

Main Article Content

Authors

    Aron Tansavero( 1 ) Hartana Wijaya( 2 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Teratai Café adalah usaha yang bergerak di bidang penjualan makanan dan minuman, yang saat ini tengah mencari cara untuk mengembangkan strategi bisnis, khususnya dalam meningkatkan penjualan. Selama ini, data penjualan hanya disimpan dalam sistem POS(Point of Sales) CloudMe tanpa dimanfaatkan untuk analisis lebih lanjut. Padahal, data tersebut berpotensi besar untuk digunakan dalam menyusun strategi, seperti menentukan paket penjualan yang lebih efektif dan tepat sasaran. Secara manual, analisis pola pembelian pelanggan membutuhkan waktu yang lama dan sering dipengaruhi oleh sugesti tanpa dasar fakta yang jelas. Untuk mengatasi tantangan ini, dikembangkan sebuah aplikasi berbasis web dengan memanfaatkan metode Data Mining, yaitu Algoritma Apriori. Algoritma ini digunakan untuk menghasilkan kaidah asosiasi yang membantu memahami hubungan antar item penjualan. Aplikasi ini dirancang untuk menganalisis data transaksi dengan menetapkan rentang tanggal, nilai minimum support, dan nilai minimum confidence yang sesuai. Hasil analisis berupa pola pembelian transaksi dapat memberikan rekomendasi kombinasi produk, yang dapat digunakan untuk menyusun strategi promosi dan penjualan yang lebih efektif. Dengan penerapan sistem ini, Teratai Café diharapkan mampu menarik lebih banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, dan memajukan bisnisnya tanpa bergantung pada metode manual. Hal ini juga menunjukkan komitmen café untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam dunia bisnis

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Abstract views: 6 / PDF downloads: 2