Pengaruh Ekuitas Merek Toyota Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Astrido Karawaci)

Authors

  • Andrius Tan Ranumihardja Universitas Buddhi Dharma
  • Syarifarudin Afa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar ekuitas merek dealer Astrido Toyota Karawaci mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Survei dilakukan kepada 177 orang yang sebelumnya telah membeli kendaraan Toyota dari dealer Astrido Toyota Karawaci dan oleh karena itu memenuhi syarat untuk mengikuti penelitian. Sumber informasi tambahan untuk penelitian ini berasal dari wawancara dan ulasan penulis. Pengujian hipotesis menggunakan analisis model statistik, seperti uji reliabilitas dan regresi linier berganda, serta uji F, uji t, dan koefisien determinasi (R2).

Nilai pilihan pembelian pelanggan meningkat sebesar 0,488 poin untuk setiap peningkatan satu poin dalam nilai ekuitas merek. SPSS 25 digunakan untuk membuat persamaan linier ini.

Pengujian hipotesis menghasilkan Fhitung sebesar 81.505 dan taraf signifikansi statistik sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa angka tersebut sama dengan 0,001,05, lebih dari 3,89, dan lebih kecil atau sama dengan 0,00<0,05.

Perbandingan ttabel menunjukkan bahwa H0 dan Ha dapat diterima apabila thitung lebih besar atau sama dengan 9.028, dan sebaliknya. Informasi ini diperlukan untuk menentukan validitas H0 dan Ha. Keputusan pembelian pelanggan di Astrido Toyota Karawaci dipengaruhi oleh ekuitas merek, yang berarti "Ada Pengaruh Ekuitas Merek".

Dalam studi ini, atribut ekuitas merek ditemukan hanya memiliki dampak moderat pada keputusan pembelian pelanggan. Untuk diler Astrido Toyota Karawaci, hal ini mungkin menandakan bahwa variabel ekuitas merek mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

Published

2022-06-28