Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2021)

Authors

  • Vincent Jonathan Universitas Buddhi Dharma
  • Syarifarudin Afa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilias, Leverage, Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage, Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021.

                Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 perusahaan manufaktur sub sector Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI tahun 2018-2021. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 perusahaan berdasarkan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis refresi linear berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 25.

           Berdasarkan uji parsial menunjukkan variabel leverage berpengaruh positif signifikan terhadap Manajemen Laba dan Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Manajemen Laba. Sedangkan Profitabilitas, Beban Pajak Tangguhan, dan Perencanaan pajak tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba. Hasil uji secara simultan menunjukkan variabel Profitabilitas, Leverage, Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak dan Ukuran Perusahaan secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16