Pengaruh Return On Equity (ROE), Debt To Asset Ratio (DAR), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Nilai Perusahaan pada Subsektor Perusahaan Ritel Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021

Authors

  • Deryl Atmaja Universitas Buddhi Dharma
  • Syarifarudin Afa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Return On Equity, Debt To Asset Ratio, Earning Per Share, Nilai Perusahaan

Abstract

Dunia bisnis meningkat kompleks dan tingkat kerjasama antar dunia kerja yang semakin menurun menyebabkan persaingan antar perusahaan semakin meningkat. Globalisasi pasar ini tidak dapat dihindari di dunia mana pun, karena ini adalah fenomena besar yang sudah terjadi. Saat ini, hanya perusahaan yang dapat bersaing dengan sangat efektif dalam dunia bisnis. Di mana kinerja tinggi, peningkatan kualitas dapat diproduksi untuk pasar global saat ini. Jadi, calon investor melihat bagaimana perusahaan bisa meningkatkan nilainya untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

Pada penelitian ini, pendekatan kuantitatif digunakan dimana objek penelitian yaitu perusahaan subsektor ritel rumah tangga yang periode 2017-2021. Purposive sampling digunakan, dengan 6 sampel perusahaan yang berbeda selama observasi 5 tahun 2017-2021 dengan total populasi 30. Nilai perusahaan ditemukan secara signifikan dipengaruhi oleh pengembalian ekuitas sementara secara negatif dan signifikan dipengaruhi oleh rasio utang terhadap aset dan laba per saham, masing-masing. Semua variabel berpengaruh secara bersamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10