Pengaruh Leverage, Financial Distress, Dan Growth Opputurnities Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minumanan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2019

Authors

  • Clara Fabiola Wisaputri Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Financial Distress, Growth Oppurtunities, Konservatisme Akuntansi

Abstract

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan pada periode 2016-2019 yang bersumber melalui Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 17 perusahaan berdasarkan metode Teknik purposive sampling namun pada uji normalitas terdapat data yang tidak normal sehingga dilakukannya screening data dan menemukan data ekstrim (outlier) sehingga jumlah sampel yang digunakan setelah screening adalah 8 perusahaan dan telah memenuhi kriteria pemilihan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Leverage tidak berpengaruh terhadap Konservatisme Akuntansi memiliki nilai sebesar 0,062, Financial Distress berpengaruh terhadap Konservatisme Akuntansi memiliki nilai sebesar 0,034, dan Growth Oppurtunities tidak berpengaruh terhadap Konservatisme Akuntansi dengan nilai signfikan sebesar 0,654, sehingga leverage, financial distress, dan growth oppurtunities secara simultan berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi memiliki nilai sebesar 0,001.

Published

2022-06-28