Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 – 2021

Authors

  • Galuh Pratiwi Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Pengungkapan CSR

Abstract

Penelitian dilakukan guna melihat pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas pada Pengungkapan Corporate Social Responsobility. Penelitian ini menggunakan laporan keuangan indeks LQ45 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 sebagai populasi nya.

Menggunakan penelitian kuantitatif, Sampel penelitian ini diklasifikasikan melalui penentuan kriteria tertentu dan didapatkan jumlah 13 perusahaan, dalam periode selama 3 tahun pengamatan sehingga didapatkan total sejumlah 39 sampel.  Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji statistic deskriptif, uji asumsi kaslik, uji hipotesis, dan uji regresi linear berganda.

Hasil riset menunjukan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan kepemilikan manajerial pada pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan pengaruh ukuran perusahaan dan likuiditas tidak memiliki pengaruh pada pengungkapan corporate social responsibility. Pada uji simultan didapat adanya pengaruh kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan likuiditas memiliki pengaruh secara bersamaan pada pengungkapan corporate social responsibility.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10

Most read articles by the same author(s)