Pengaruh Laba Fiskal, Arus Kas Operasi, dan Kesulitan Finansial terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif & Komponen yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 - 2022)

Authors

  • Raffael Thio Universitas Buddhi Dharma
  • Limajatini Limajatini Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Manajemen Laba, Laba Fiskal, Arus Kas Operasi, Kesulitan Financial

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Laba Fiskal , (2) Arus Kas Operasi, serta (3) Kesulitan Finansial terhadap Manajemen Laba. Populasi dalam peneltian ini adalah perusahaan manufaktur Sub Sektor Otomotif & Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019 - 2022. Sampel dalam penelitian ini  sebanyak 48 perusahaan. Metode Pengumpulan data dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan program Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 29.0.1.0.

    Penelitian ini memberikan hasil bahwa Laba Fiskal secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Manajemen Laba, Arus Kas Operasi secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Manajemen Laba , Kesulitan Finansial secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Manajemen Laba, dan Laba Fiskal, Arus Kas Operasi, dan Manajemen Laba secara simultan tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16

Most read articles by the same author(s)