Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja Dan Konflik Terhadap Stres Kerja Pegawai PT. Dwi Sarana Mesari

Authors

  • Pradipta Satria Pamungkas Harefa Universitas Buddhi Dharma
  • Rinintha Parameswari Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Konflik, Stres Kerja

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh beban kerja, lingkungan kerja, dan konflik terhadap tingkat stres kerja yang dialami  karyawan  PT. Dwi Sarana Mesari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain dengan menyebarkan kuesioner dengan acak kepada karyawan.

Berdasarkan hasil regresi linier berganda, nilai yang di dapat menunjukkan bahwa terdapat persamaan yang menggambarkan hubungan antara variabel Beban Kerja (X1), Lingkungan Kerja (X2) dan Konflik (X3) dengan variabel Stress di tempat kerja, yang dapat dinyatakan sebagai berikut : Stres di tempat kerja = 4,500 + 0,230X1 + 0,153X2 + 0,789X3 + e.Hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa variabel Konflik mempunyai hubungan yang erat dengan stres kerja, dengan koefisien korelasi sebesar 0,789.

Perhitungan pengujian hipotesis mengenai beban kerja, lingkungan kerja dan konflik  terhadap stres kerja menghasilkan F hitung sebesar 41,122, sedangkan nilai F tabel sebesar 3,94 dan memperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi (0,000) jauh lebih rendah dari tingkat signifikansi yang telah ditentukan sebelumnya (0,05), jadi hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini disebabkan karena bilangan F  lebih besar dari pada array F.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29