Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di PT. Surya Bumi Permata

  • Serlina Serlina Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Surya Bumi Permata. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu promosi dan kualitas produk, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian konsumen.


Hasil dari analisis tersebut terdapat persamaan Y = 26,330 + 0,272 X1 + 0,147 X2, yang diartikan bahwa apabila terjadi peningkatan maupun penurunan dari variabel bebas (X1 dan X2) sebesar 1 poin, maka keputusan pembelian konsumen akan naik atau turun dengan  nilai konstan sebesar 26,330, nilai promosi sebesar 0,272, dan nilai kualitas produk sebesar 0,147.


 Dari uji korelasi diketahui bahwa promosi mempengaruhi sebesar 40,4% dan kualitas produk mempengaruhi sebesar 33,6% terhadap keputusan pembelian konsumen secara bersama-sama. Kedua variabel mempengaruhi dan menjelaskan variabel keputusan pembelian konsumen sebesar 41,7% secara simultan, sedangkan sisanya 58,3% dijelaskan oleh variabel lain.


Berdasarkan uji hipotesis untuk promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen diperoleh nilai f hitung sebesar 10,209 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan fhitung > ftabel atau 10,209 > 3,09. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang positif antara promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen.

Published
2021-12-27
How to Cite
SERLINA, Serlina. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di PT. Surya Bumi Permata. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 323-329, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/756>. Date accessed: 08 aug. 2022.