AnalisisMarket Orientation, Networking, Dan Customer Review Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Pengguna CCTV di Wilayah Tangerang
Keywords:
Market Orientation, Networking, Customer Review, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh market orientation, networking, dan customer review dalam meningkatkan minat beli konsumen CCTV diwilayah Tangerang. Penulis menyebarkan 50 kuesioner ke responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling dan metode analisis statistik deskriptif untuk mendapatkan hasil jawaban kuesioner berupa data yang akan diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil regresi linier berganda didapat jika market orientation (X1) bernilai-0.8087 berarti tidak berpengaruh terhadap variabel minat beli (Y), untuk nilai networking (X2) yaitu 0.566 dan customer review (X3) adalah 0.345 berarti kedua variabel X2 dan X3 berpengaruh terhadap variabel minat beli (Y). Dalam uji koefisien determinasi besarnya pengaruh setiap variabel X1, X2, X3 kepada Y dengan nilai adjusted R square sebesar 0.674 (67.4%). Berdasarkan uji parsial t, nilai t hitung pada market orientation -0.801 < 2.014 artinya tidak ada pengaruh signifikan antara variabel X1 dengan Y, t hitung pada networking 3.675 dan t hitung pada customer review 2.394 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara variabel X2 dan X3 dengan Y. Sedangkan nilai dari uji f didapat bahwa f hitung 34.731 > 2.57 artinya H4 diterima dan terdapat pengaruh signifikan antara X1, X2, X3 dengan Y.